Isu Pancaran Radiasi Bayang-bayangi Smartphone Apple dan Samsung

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Isu soal pancaran radiasi dari smartphone kembali menyita perhatian. Uji independen yangdilakukan oleh Chicago Tribune menemukan bahwa pancaran radiasi dari sejumlah smartphone Apple dan Samsung melampaui batas yang ditetapkan Komisi Komunikasi Federal (Federal Communications Commission, FCC).

Mengutip Business Insider, secara spesifik smartphone dengan pancaran radiasi beralih itu adalah iPhone 7, iPhone 8, Galaxy S8, Galaxy S9 dan Galaxy J3.

Adapun FCC menetapkan batas wajar radiasi senilai 1,6 watt perkilogram (1,6W/kg).

Apple menyebut pengujian Chicago Tribune tidak akurat jika dibandingkan dengan pengujian internal perusahaan. Sementara Samsung menuturkan bahwa smartphone yang dijual di Amerika Serikat memenuhi regulasi FCC.

"Perangkat kami diuji sesuai dengan protokol pengujian yang sama yang digunakan di seluruh industri,'' kata Samsung kepada Business Insider.


Bluetooth Jadi Celah bagi Hacker untuk Bobol Smartphone

Diwartakan sebelumnya, sebuah celah kerentanan yang baru diketahui Bluetooth rupanya bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mengambil alih perangkat.

Celah ini dinamai dengan KNOB attack, kepanjangan dar Key Negotition of Bluetooth. Celah ini disebut-sebut juga bisa dipakai untuk mengintip komunikasi dalam perangkat.

Mengutip The Verse, kerentanannya cukup berbahaya. Alih-alih langusng memecahkan enkripsi, kerentanan ini memungkinkan peretas untuk memaksa perangkat Bluetooth yang sudha dipasangkan (pairing) untuk memecahkan enskripsi yang lebih lemah.

Pasalnya, ketika dua sambungan Bluetooth saling terhubung, Bluetooth membangun eksripsi baru. Saat hacker masuk di atas proses ini, mereka bisa menipu kedua perangkat untuk membuka kunci eksripsi baru ini dengan jumlah karakter yang relatif lebih kecil.

Si penyarang memang masih harus melakukan serangan brute force terhadap salah satu perangkat untuk mengetahui kata sandi yang tepat. Namun, serangan tersebut bisa lebih singkat, hal itu dimungkinkan dengan adanya celah ini.