(REVIEW) Kingdom Hearts 3

Kingdom Hearts 3

Para penggemar serial Kingdom Hearts pastinya merasa terbayar dengan apa yang Square enix dan Disney tawarkan di sekuel terakhirnya ini. Belasan tahun menunggu, Kingodm Hearts 3 datang dengan sangat memuaskan. Pengayaan grafis dan fitur yang lebih seru bikin sekuel ini berhasil membayar rasa penasran para pemain. Tawaran yang selalu dipertahankan adalah kehadiran dunia Disney sebagai stage yang membangkitkan nostalgia. Engggak lupa juga sama latar konflik originalnya yang bisa dengan ajaib masuk menjadi bagian crossover yang sangat epic!


Penasaran kenapa pada akhirnya Kingdom Hearst 3 sukses membayar penantian yang cukup lama? Simak ulasannya berikut ini!


Pergerakan Mekanik yang Lebih Halus

Terpaut 17 tahun dari game pertamanya, Square Enix berhasil menyediakan game baru yang sangat segar. Semua dimulai dari grafis dan pergerakan yang lebih halus dan hidup. Game ini membawa action adventure dengan gaya animasi yang ringan. Ini menjadi ciri khas kenapa serial Kingdom Hearts selalu memikat. Semua dibawakan dengan sederhana tapi lo enggak akan dengan mudah melepas konsol dari tangan lo ketika memainkannya.

Sora atau karakter lain yang dimainkan akan jadi seorang pemegang Keyblade untuk membasmi heartless, nobodies, unversed atau dream eaters yang tersebar di beragam dunia. Interaksi musuh yang sangat padat akan membuat loa enggak berhenti menekan tombol untuk  melangsungkan combo. Selain bisa menghadirkan ratusan jenis musuh, desain boss serta pertarungan di dalamnya cukup distingtif. Meskipun jadi sebuah seri yang cukup panjang  dengan banyak spin-off, di sekuel terakhirnya mereka berhasil menghindari repetisi dan justru menyediakan banyak gabungan aspek dari game sebelumnya.



Fitur dan Aksi yang Ditawarkan

Secara sederhana, lo bisa menemukan unsur RPG sejak game pertama Kingdom Hearts muncul ke permukaan. Sajian item serta pengembangan karakter lewat action dan magic dibawa jadi lebih dalam pada sekuel terakhirnya ini. Lo harus sedikit hati-hati memilih moveset mana yang akan lo pasang ke Sora jika action point yang dia miliki terbatas.

Saat dizona pertarungan, kini Sora bisa membawa tiga keyblade. Ini memberi karakter lo pilihan untuk membawa persediaan senjata yang lebi fleksibel. Belum lagi kini banyak fitur aksi yang ditawarkan seperti Link, Magic,dan combo bersama karakter Support yang lo bawa. Dengan mekanik yang halus, setiap pertarungan di Kingom Hearts 3 terasa sangat ramai dan berwarna.


Ketersediaan Beragam Mode

Di game ketiganya ini, banyak pengembangan yang sukses membawa game jadi lebi sibuk. Sebut saja sistem gummi ship yang diperkenalkan pada Kingdom Hearts 2 kini jadi semakin interaktif dengan pembawaan tiga dimensi. Apalagi, sekarang ada sistem pengembangan yang unik. Di lain sisi, ini membuat lo punya banyak pertimbangan ketika mengarungi kenstelasi antariksa di Kingodm Hearts 3.

Setiap dunia menawarkan pengalaman baru yang dibawa lewat bentuk gameplay. Di sanalah letak keajaiban Kingdom Hearts 3 bisa membentuk suatu game yang sangat bisa dinikmati. Menawarkan banyak hal untuk bisa lo olah dengan menggabungkan banyak mode dan genre yang bikin lo keasyikan. Sebut saja fitur cooking yang berupa minigame memasak setiap lo paling mutakhir sejagar, Ratatoulie.


Sajian Dunia Animasi Disney yang Menggugah

Kini, setelah Disney memiliki Hak Intelektual atas properti Pixar mereka bisa mengembangkan banyak dunia dan menghadirkan karakter yang membangkitkan banyak nostalgia. Dunia Toy Story dan Monster Inc. berhasil memikat gaya yang cukup unik saat karakter Sora, Goofy, dan Donald Duck yang kita mainkan menyesuaikan jati dirinya menjadi monster atau mainan berukuran kecil, lengkap dengan interaksi yang sejalan dengan nuansa dunia yang lo arungi.

Di dalamnya lo akan kembali merasakan atmosfer berbeda di setiap dunia. Menyediakan mode main yang berbeda dan mengharuskan lo menguasai banyak aspek. Entah mengendalikan kapal bajak di dunia Pirates of Caribbean atau mengatas serbuan Heartless yang enggak habis-habis di San Fransokyo. Lo akan bisa balik lagi ke dunia-dunia tersebut meski sudah menyelesaikan interaksi peramanya untuk mengambangkan cerita. Entah untuk mencari harta karun atau mendalami interaksi pada dunia Disney yang makin unik ini.


Simpulan Cerita yang Bikin Terenyuh

Meski menggugah dengantawaran dunia animasi, para penggemarnya mungkin mengerti kerumitan cerita di dalamnya. Berbagai karakter yang sulit idbedakan dari penampilan rambutnya ini punya perjalanan panjang sebelum akhirnya sampa i di Kingom Hearts 3. Semua punya warna yang sama, memabwa pertarungan antara cahaya dan kegelapan serta bercerita soal pengorbanan.

Beberapa dialognya memang enggak kuat secara narasi dan terkesan klise. Tapi, lo mungkin  juga akan merasakan sentuhan berbeda di sekuel terakhirya ini. Seakan-sekaan perjuangan dan kata-kata pengorbanan jadi repetisi yang lebih asuk akal di serial ketiganya. Seolah-olah kata Master Yen Sid untuk bilang "Ikuti kata hatinya"makin membuat sanubari ini tersentuh menghadapi petualangan yang lebih berat di sekuel ketiganya.



Buat kalian yang ingin mengetahui nasib Sora, Riku, dan Kairi pada takdir yang enggak bisa mereka hindari, lo hars mainin sendiri Kingdom Hearts 3. Rasain serunya fitur yang enggak bakal bikin lo bosan. Dengan durasi yang sempat panjang dan kemungkinan untuk balik lagi mendalami dunianya, Kingodm Hearts 3 jadi salah satu game terbaik yang dirilis awal tahun ini!