Piton Raksasa 5,2 Meter Ditemukan di Florida AS

Piton sepanjang 5,2 meter ditemukan di Florida AS (Facebook: Big Cypress National Preserve)

Baru-baru ini publik internasional digegerkan dengan penemuan seekor ular raksasa. Piton Burma seberat 63,5 kilogram dengan panjang 5,2 meter berhasil ditangkap oleh tim pemburu di Cagar Alam Big Cypress, Florida, AS.

"Ular itu adalah piton terbesar yang pernah dikeluarkan dari Big Cypress,'' tulis pihak cagar alam dalam akun Facebook resminya.

Untuk menangkap ular tersebut, para pemburu menggunakan teknik khusus. Mereka memanfaatkan pemancar radio untuk mendeteksi keberadaan piton itu.

Saat berhasil ditangkap, reptil tengah membawa 74 telurnya, sebagaimana dikutip dari ABC News.

Reptil itu ditangkap karena menimbulkan ancaman signifikan terhadap satwa asli di cagar alam, yang terletak 125 kilometer barat Miami tersebut.

Meski demikian, ular ditangkap tidak untuk dibunuh. Tim pemburu menklaim mereka juga mengumpulkan data untuk penelitian, yakni mengembangkan alat anti-ular baru dann mempelajari bagaimana reptil menggunakan cagar alam tersebut.


Berjumlah Fantastis

Saat ini diperkirakan terdapat puluhan ribu ular piton di Everglades, Florida AS, menurut situs web Survei Gologi AS.

Sebagai dampaknya, banyak hewan yang hilang dimakan. Diantaranya adalah rubah yang berkurang signifikan, populasi rakun yang turun 99,3 persen, oppossum sebesar 98,0 persen, serta bobcat sebesar 87,5 persen.

Hewan-hewan itu secara teratur ditemukan di perut ular piton yang ditemukan di daerah Florida selatan tersebut.

Pada tahun 2003, para ilmuwan merilis populasi baru kelinci yang dilengkapi dengan alat pelacak ke Taman Nasional Everglades. Dalam setahun, 80 persen kelinci ditemukan di perut ular piton Burma.