Sega Genesis Mini Bakal Rilis di Pasaran 19 September, Harganya?

Sega Genesis

Tak ingin ketinggalan pesaing beratnya, Nintendo, [SEGA] (3458809n'''''') akhirnya secara resmi bakal merilis konsol lawas mereka dalam ukuran mini.

Diumumkan pada acara Sega Fes 2019, konsol yang disebut Sega Genesis Mini (Amerika Serikat, AS) dan Mega Drive Mini (Jepang) itu bakal meluncur dipasaran pada 19 September 2019.

Seperti konsol mini NES atau SNES versi AS dan Jepang, gamer akan mendapatkan judul game yang berbeda dari masing0masing ketika konsol retro itu diluncurkan, demikian yang dikutip dari laman Ubergizmo.

Adapun gamer Jepang yang membeli konsol ini bisa memainkan game-game lawas ternama, seperti Castlevania Bloodlines, Comix Zone, Gunstar Heroes, Madou Monogatari Ichi, Powerball, Puyo Puyo 2, Rent-a-Hero, Shinning Force, Sonic 2, dan Space Harrier II.

Sementara itu, konsol versi AS akan mendapatkan judul game, yakni Altered Beast, Castlevania: Bloodlines, Comix Zone, Dr.Robotnik'x Mean Bean Machine, Ecco te Dolphin, Gunstar Heroes, Snining Force, Sonic The Hedgehog, Space Harrier II, dan ToeJam & Earl.

Bagi kamu yang tertarik membeli konsol Sega genesis Mini, perusahaan menghadirkan varian yang berbeda di masing-masing wilayah (AS dan Jepang).

Bagi kamu yang tertarik membeli konsol Sega Genesis Mini, perusahaan menghadirkan varian yang berbeda di masing-masing wilayah (AS dan Jepang).

DI AS, Sega Genesis Mini akan dijual seharga US$ 79,99 (Rp 1,1 juta) dengan sepasang kontroler USB (dengan tiga tombol). Di Jepang, Mega Drive Mini dibandrol harga US$ 60 (Rp 850 ribu) ditambah sepasang kontroler (dengan enam tombol).

Informasi, SEGA akan segera mulai membuka program pre-order untuk kedua konsol SEGA Genesis Mini tersebut di kedua pasar.


Nintendo SNES Classic Terjual 4 Juta Unit

Setahun lalu, Nintendo berhasil meraup sukses dengan penjualan dari konsol laawasnya yang diproduksi kembali, SNES Classic Edition.

Berdasarkan laporan, replika miniatur dari Nintendo SNES itu berhasi terjual empat juta unit.

Dikutip dari Tech Spot, informasi ini diketahui dari laporan tahunan perusahaan. Jumlah tersebut terbilang baik, mengingat SNES Classic Edition baru rilis pada September 2017.

Di samping itu, Nintendo juga berhasil meraih hasil penjualan yang terbilang baik dari Nintendo Switch. Konsol hybrid itu berhasil terjual 13 juta unit sejak diluncurkan awal 2017.

Selain mengumumkan hasil penjualan SNES Classic, raksasa gaming Jepang itu memiliki rencana baru terhadap salah satu konsol lawasnya. Nintendo menyebutakan elanjutkan penjualan NES mini atau NES Classic Edition di tahun ini.

"Kami mengumumkan akan melanjutkan produksi untuk NES Classic Edition tahun ini. Kami juga berencana untuk melanjutkan penjualan NES Classic Edition dan SNES Classic Edition tahun ini,"ujar perusahaan.


Konsol SNES Classic Edition Sudah Bisa Diretas



Beberapa gamer juga dilaporkan sudah mampu meretas konsol dan mulai menamahkan game-game pilihan mereka sendiri ke dalam konsol.

Seperti aksi peretasan lainnya, gamer yang ingin meretas konsol SNES Classic Edition membutuhkan tool atau software khusus bernama hackchi2.

Dengan tool ini, kamu harus meng-install custom firmware ke dalam konsol, dan mengubah format game-game yang ingin kamu tambahakn ke dalam konsol ke format file. SFROM sebelum bisa dimainkan.

Sekedar informasi, Nintendo menyertakan 20 game lawas dan satu game yang belum pernah dirilis di pasaran pre-installed di SNES Classic Edition.

Beberapa game yang sudah ter-install di dalam konsol antara lain Earthbound, Super Marui World dan The Legend of Zelda: A Link to the Past.