Blok Apartemen Roboh Akibat Perang di Aleppo, 11 Orang Tewas

Kompleks bangunan apartemen sisa perang Suriah di Aleppo roboh, menyebabkan 11 orang tewas (AFP/George Ourfalian)

Setidaknya 11 orang, termasuk empat anak kecil, dilaporkan tewas setelah sebuah blok apartemen roboh di Aleppo, Suriah pada Sabtu 2 Februari.

Satu orang bocah berhasil ditarik keluar hidup- hidup dari reruntuhan blok berlantai lima, yang rusak akibat perang, setelah tim penyelamt bekerja menyingkirkan blok-blok ventilasi yang menguburnya, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Minggu (3/1/2019).

Anak tersebut adalah satu-satunya yang selamat dari insiden yang terjadi di kawasan Salaheddin, dimana sebelumnya dikuasai pemberontak, lapor kantor berita resmi SANA.

Saleheddin dibom berat sebelum tentara menyerbu distrik-distrik pemberontak dengan udkungan Rusia pada akhir 2016.

Banyak bangunan di sekitar reruntuhan blok apartemen itu masih memiliki tanda-tanda sisa pertempuran empat tahun lalu di wilayah utara Suriah, dimana kini kian mendekati ambang kehancuran.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperkirakan biaya pembangunan kembali perumahan dan infrastruktur yang hancur di Suriah, berkisar antara US$ 300 miliar hingga US$ 400 miliar.

Tetapi bulan lalu, AS memperingatkan bahwa menggulingkan presiden Bashar al-Assad bukan lagi tujuan utama Washington, dimana hal itu berarti bahwa kemungkinan tidak akan ada lagi sumbangan dana tanpa reformasi mendasar di Suriah.